Jumat, 03 Mei 2013

Proposal Ilmiah


BAB   I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah
Pada era globalisasi ini perkembangan dan persaingan usaha terjadi sangat ketat. Hal ini mempengaruhi dampak kehidupan perekonomian kita. Dengan keadaan perekonomian yang seperti ini, maka usaha besar atau usaha kecil yang akan didirikan memiliki tujuan untuk mencari sebuah laba yang sebesar-besarnya. Pada umumnya, berhasil atau tidaknya usaha ditandai oleh kemampuan manajemen dalam melihat peluang pasar secara baik. Seluruh kegiatan yang berhubungan dengan produksi dimulai dari pengolahan bahan mentah menjadi barang setengah jadi kemudian diolah menjadi barang siap untuk dijual, karena memerlukan penanganan yang maksimal agar mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang di targetkan.
Persaingan yang terjadi di dunia usaha sudah hal yang biasa karena disetiap bidang usaha tidak hanya dilakukan satu pihak saja, namun selalu ada yang menyamai jenis produk, mulai dari bentuk dan cara menentukan strategi pemasaran yang digunakan untuk mempertahankan produk didalam pasar. Strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam menghasilkan produk harus mempunyai ciri khas supaya tidak di plagiat/ditiru oleh perusahaan lain.
Setiap kendala yang dihadapi perusahaan antara lain seperti keterbatasan bahan baku, keterbatasan waktu produksi, keterbatasan tenaga kerja, keterbatasan alat-alat yang digunakan dalam proses produksi. Dalam kondisi keterbatasan tersebut, perusahaan harus tetap berupaya mengoptimalkan laba yang dapat dihasilkan. Dengan kata lain, cara agar pemasukan (input) yang terbatas dapat dicapai hasil kerja (output) berupa produksi barang yang optimum. Untuk dapat mengoptimalisasikan masalah tersebut, diperlukan suatu alat perhitungan yang dapat membantu dalam usaha perusahaan  memecahkan masalah yaitu dengan Linier Programming yang merupakan model pemecahan masalah dengan pengalokasian sumber daya dan produk yang terbatas sehingga dapat dihasilkan keuntungan yang optimal.
Metode yang digunakan adalah metode Simpleks yang merupakan metode pemecahan untuk masalah Linier Programming dan digunakan untuk mengkombinasikan produk yang dijual agar dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan pencapaian keuntungan optimal didalam suatu badan usaha, maka di dalam penulisan ilmiah ini penulis akan memberikan judul “ ANALISIS OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PADA CV. TARUNA BERJAYA DENGAN MENGGUNAKAN LINIER PROGRAMMING MELALUI METODE SIMPLEKS

1.2       Rumusan Masalah dan Batasan Masalah
1.2.1    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana kombinasi produk yang seharusnya dilakukan oleh CV. Taruna Berjaya agar dapat menghasilkan keuntungan optimal dengan menggunakan metode Simpleks?

2.    Bagaimana cara mengetahui fungsi tujuan dan fungsi batasan dalam mencapai keuntungan yang dilakukan oleh CV. Taruna Berjaya?


1.2.2    Batasan Masalah
Penulis membatasi pembahasan masalah hanya mengenai penggunaan bahan baku (kain, benang, accesories jahit, kain interlening) untuk  3 jenis pakaian ( kemeja, seragam, baju muslim) sehingga dihasilkan kombinasi produk yang maksimal untuk mendapatkan keuntungan yang optimal dengan metode Simpleks.            Dari bahan baku yang tersedia dapat menghasilkan 3 jenis pakaian tersebut, di antaranya  seragam yang di produksi yaitu seragam kantor yang di pakai untuk para karyawan dan security.

1.3       Tujuan Penelitian
Beberapa tujuan penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui kombinasi produk yang maksimal sehingga memperoleh keuntungan yang optimal pada CV. Taruna Berjaya.
2.      Untuk mengetahui fungsi tujuan dan fungsi batasan dalam mencapai keuntungan yang dilakukan oleh CV. Taruna Berjaya.

1.4  Manfaat Penelitian
       Adapun manfaat penelitian yang diperoleh dari penulisan ilmiah yaitu :
1.      Manfaat Akademis
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan metode Simpleks didalam dunia usaha untuk menentukan suatu kombinasi produk yang dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.
2.      Manfaat Praktisi
Mengetahui kombinasi maksimal produk yang dapat dihasilkan sehingga dapat memberikan keuntungan yang optimal pada CV. Taruna Berjaya.


1.5         Metode Penelitian
1.5.1        Objek Penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah CV. Taruna Berjaya yang berlokasi di Komplek Perumahan Harapan Jaya blok B. Kav 464, Bekasi Utara.
1.5.2                Data/Variabel
Data yang diperoleh penulis dalam penulisan ilmiah ini berupa data sekunder yaitu data yang didapatkan langsung dari pemilik pabrik sendiri dan data yang bersifat kuantitatif yaitu suatu karakteristik dari suatu variabel yang dinyatakan dalam bentuk numerik.
Variabel yang diambil oleh penulis dalam penelitian ilmiah ini adalah  X1 = Seragam , X2 = Kemeja, X3 = Baju Muslim. Variabel-variabel tersebut memberikan penjelasan terhadap elemen-elemen bahan baku seperti kain (S1), benang (S2), accesoris jahit (S3), kain interlening (S4) yang digunakan untuk memproduksikan  pakaian jadi tersebut. Elemen-elemen tersebut akan dijadikan fungsi kendala untuk mencari kombinasi produk yang dapat menghasilkan keuntungan maksimal.

1.5.3                Metode Pengumpulan Data/Variabel
Cara pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penulisan ilmiah ini antara lain :
1.      Studi kepustakaan
a.       Mencari data-data sekunder yang di perlukan untuk mendapatkan teori yang dibutuhkan dan relevan dengan pembahasan penulisan ilmiah.
b.      Bahan-bahan yang pernah diterima pada saat perkuliahan yang relevan dengan pembahasan.

2.      Studi lapangan data diperoleh dengan cara mengumpulkan dan mengolah data secara langsung yaitu :
a.       Observasi
Mengumpulkan data dengan melakukan pengamatan secara langsung dalam kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan usaha untuk mencapai sasaran dan tujuan pengamatan.


b.      Wawancara
Wawancara dengan narasumber yang terkait, dengan mengadakan tanya jawab secara langsung mengenai permasalahan yang dibahas guna mendapatkan informasi yang dapat menunjang penelitian.



      
1.5.4         Alat analisis yang digunakan
Alat analisis yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini diperoleh dari data kuantitatif sehingga dapat menggunakan Linier Programming melalui metode Simpleks untuk mengetahui kombinasi produk yang maksimal agar dapat menghasilkan keuntungan yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar